Logo Tridharma

Logo Tridharma
Blog Pendidikan. Diberdayakan oleh Blogger.

PENGABDIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KALINYAMAT KULON KOTA TEGAL

Posted by Endang  |  No comments

Sebagai bentuk pengabdian BSI Tegal kepada masyarakat, LPPM AMIK BSI Tegal bekerja sama dengan pihak Kelurahan Kalinyamat Kulon untuk bisa mengadakan pelatihan di Kelurahan, ini merupakan kali pertama BSI mengadakan pelatihan di Kelurahan Kalinyamat Kulon.
Pesertanya sendiri sebagian dari staff kelurahan dan yang sebagian lagi dari masyarakat sekitar kelurahan kalinyamat kulon, pelatihan Ms. Office berlangsung di Pendopo Kelurahan Kalinyamat Kulon.
Pelatihan berlangsung selama 6 hari di mulai pada tanggal 16 s.d 21 November 2015 dan acara dimulai setiap harinya pada pukul 14.00-16.30 WIB.
Pada hari pertama dan ke-dua pelatihan Ms. Office diisi oleh Bapak Husni Faqih, S.Kom sebagai tutor, dibuka dengan memperkenalkan AMIK BSI Tegal, lalu dilanjutkan dengan materi pengenalan awal microsoft word setelah itu dilanjutkan dengan praktek. Bapak Husni Faqih, S.Kom mengajarkan bagaimana langkah-langkah untuk  menggunakan microsoft word pada saat awal sebelum mengetik. Setelah itu tutor mengajarkan bagaimana cara untuk mengubah teks gaya, font, ukuran, warna,menyisipkan bullets dan numbering, mengatur line spacing, dan mengatur halaman di page layout.
Pada hari ke-tiga dan ke-empat pelatihan berlanjut diisi oleh Ibu Fandhilah, M.Kom sebagai tutor. Pada hari kedua peserta semakin terlihat antusiasnya karena pesertanya bertambah banyak dibandingkan saat hari pertama. Tutor memberi instruksi agar peserta mengetikan latihan yang sudah ada di modul lalu setelah selesai mengetikan latihan tersebut tutor mengajarkan bagaimana caranya membuat drop cap atau membuat font awal menjadi ukuran yang berbeda selanjutnya tutor juga mengajarkan bagaimana caranya membuat kolom dan menyisipkan gambar kedalam dokumen seperti membuat buletin atau berita yang biasanya ada di koran-koran. 
Pada hari ke-lima dan ke-enam pelatihan berlanjut dan diisi oleh Bapak Warjiyono, M.Kom sebagai tutor. Tutor mengajarkan bagaimana cara membuat surat yang baik dan benar yang tak lepas dari aturan-aturan yang biasanya digunakan untuk membuat surat seperti pengaturan font, ukuran, perataan, jarak spasi dan margin. Setelah semua peserta sudah bisa membuat surat sendiri tutor melanjutkan materi yaitu tentang microsoft excel. Tutor mengajarkan bagaimana cara mengolah angka menggunakan microsoft excel yaitu menggunakan rumus perkalian, rumus penjumlahan, rumus mencari nilai maksimal, dan rumus mencari rata-rata dari suatu data.
Dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan terjalin kerjasama yang lebih baik lagi antara pihak AMIK BSI TEGAL dengan pihak Kelurahan Kalinyamat Kulon. Serta apa yang sudah diberikan mengenai materi Microsoft Office dapat bermanfaat bagi peserta dan dapat menunjang dalam pekerjaan sehari-hari.
Salam Sukses TIM LPPM Tegal (Riski/RFR) 

15:15 Share:
About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

Dapatkan Update terbaru dari Blog ini
Complete the form below, and we'll send you the best coupons.

Deliver via FeedBurner
back to top