Pengenalan Blender 3D
Blender merupakan salah satu
program Modeling 3D dan Animation,Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Software Blender dapat diperoleh di situs resminya yaitu www.blender.org Software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai
macam OS diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain.
macam OS diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain.
Spekifikasi minimum yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana:
- Intel pentium III atau lebih/AMD dsb
- Ram 64Mb
- VGA 4Mb
- Disk Space 35Mb
- Windows 2000 atau lebih dan Linux.
Sejarah 3D Blender
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal
mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.
NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di
Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal
selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas
pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah
software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender
memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada
tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk
mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk
menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis
dan dapat digunakan oleh masyarakat Komputer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai
dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi
perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya,
Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif.
Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu
mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap
pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang
ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang
bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus
mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun
2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.
Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.
Hasil Karya 3D Blender
Blender merupakan software open
source untuk pengolah animasi 3D. Software ini memiliki
keunggulan seperti software-software pengolah 3D lainnya. Pembuktian dari
keunggulan Blender sering dipertanyakan oleh
banyak pihak.
Film animasi 3D
berjudul Big Buck Bunny yang rilis
tanggal 30 Mei 2008 menjadi jawaban atas keunggulan
software open source ini.
Film ini menayangkan tentang
kelinci besar melawan tiga tupai. Durasi film 3D ini berjalan hampir 10 menit.
Keindahan dan texture 3D yang halus menunjukkan kinerja yang
maksimal dengan software Blender . Film ini
memberikan bukti bahwa software blender dapat
digunakan untuk produksi. Anda dapat pula mengunjungi official website Blender untuk melihat hasil karya Animasi 3D Blender selengkapnya.
Dengan open source, studio dapat
menghasilkan produk dengan harga mahal namun biaya pembuatan yang minimal.
Selain itu, produk yang dihasilkan dengan open source akan menjadi branding
yang bagus, legal dan berkualitas dari penggunaan software
open source.
Pada akhirnya ketika bertanya
dimanakah mendapatkan produk animasi 3D
yang dibuat dengan software legal? Studio Animasi dengan Open
Source adalah jawabannya menggunakan blender. Rata rata orang yang menggunakan
3Dmax dan sebagainya akan meng – crack serial numbernnya. Itu sudah termasuk
dalam pembajakan dan dapat merugikan perusahaan yang memiliki wewenang.
Keunggulan Blender 3D
1.Interface yang user friendly dan
tertata rapi.
2.Tool untuk membuat
objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging,
skinning, animasi, particle dan simulasi
lainnya, scripting, rendering, compositing, post
production dan game creation.
3.Cross Platform, dengan uniform
GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua
versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
4.Kualitas arsitektur
3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan
dengan lebih cepat dan efisien.
5.Dukungan yang aktif melalui forum
dan komunitas.
6.File Berukuran kecil.
7.Free download (gratis).
Adapun keunggulan Interface pada
Blender secara umum adalah sebagai berikut :
1.Revolusioner yang
tidak tumpang tindih dan non-blocking UI
memberikan alur kerja tak tertandingi.
2.Fleksibel dan
bisa diatur tata letak jendela dengan
layar setup sebanyak yang Anda suka dengan dukungan terjemahan
internasional.
3.Setiap jendela ruang dapat dengan
mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva editor, NLA, tampilan 3D dll).
4.Text editor untuk penjelasan dan
mengedit skrip Python
5.Custom tema.
6. Antarmuka konsisten di semua
platform.
Bagi yang sudah terbiasa
menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama kali menggunakan
Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah berbeda dengan
3D Max. Tutorial untuk Blender pun tidak terlalu banyak. Sehingga kita akan
sulit buat mempelajarinya. Selain itu tutorialnya lebih banyak menggunakan
bahasa inggris.
Semoga tutorial ini selanjutnya dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin mempelajari dan berkarya menggunakan Software Blender.
Semoga tutorial ini selanjutnya dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin mempelajari dan berkarya menggunakan Software Blender.
14:33
Share:

About
0 komentar: