Logo Tridharma

Logo Tridharma
Blog Pendidikan. Diberdayakan oleh Blogger.

ULEAD VIDEO STUDIO 11 # PENGATURAN FORMAT TEKS

Posted by Endang  |  No comments

Dalam editing video, setiap editor tentunya memiliki selera masing-masing dalam menentukan format teks yang diinginkan. Berikut cara sederhana dalam mengatur format teks.
1. Mengatur  jenis font

Pilih jenis tulisan yang diinginkan atau lakukanlah double click pada title track tulisan yang akan ditampilkan pada video yang kita edit. Misal kita ingin menampilkan tulisan “Video kenangan bersamamu sobat” sebagai pembuka pada video kenangan yang dibuat. Maka seperti biasa pilih jenis modifikasi tulisan yang ada pada menu title atau lakukan double click pada title track dalam storyboard.



Untuk merubah jenis font maka klik title yang ada pada jendela monitor area kerja tersebut kemudian pilihlah menu edit lalu pilihlah berbagai jenis font yang telah disediakan oleh software ulead.

2. Mengatur size font
Setelah menentukan jenis font yang diinginkan, selanjutnya seorang editor dapat menentukan besar kecilnya font sesuai dengan kebutuhan dan selera. Untuk mengubah ukuran font dapat dilakukan dengan cara klik pada combo box font size dan tentukanlah besar kecilnya ukuran font yang diinginkan. Ukuran font yang disediakan oleh ulead antara 1 – 200. 

3. Mengatur warna font
Pengaturan warna font dapat dilakukan dengan cara klik tittle teks pada jendela monitor kemudian klik pada pilihan color  (tepat berada disebelah kanan combo box font size).

Misal dalam praktek ini penulis memilih warna kuning, maka hasilnya teks dalam jendela monitor akan berubah menjadi warna kuning.

4. Mengatur spasi
Untuk mengatur ukuran spasi tulisan dapat dilakukan dengan cara klik tulisan dalam jendela monitor kemudian pilih menu edit lalu pilihlah salah satu ukuran spasi yang dikehendaki. Misal ukuran spasi tulisan sebelum diedit adalah 80 kemudian kita ubah menjadi 100, lihat perubahan spasi yang terjadi.

5. Mengatur perataan
Langkah akhir yang biasa dilakukan oleh seorang editor terkait dengan tulisan adalah mengatur perataan teks dalam video yang di edit. Pengaturan teks yang tepat dapat membantu hasil akhir dari editing video yang menarik. Tentunya diperlukan imajinasi dalam pemiliihan kata serta menempatkan teks dalam karya video. Teks sendiri tentunya sangat penting dalam editing video, karena dengan teks maka pesan dari video yang kita buat dapat tersalurkan bagi orang yang melihat video kita nantinya. Untuk mengubah perataan teks dapat dilakukan dengan cara memilih salah satu jenis perataan yang tersedia di menu edit dengan terlebih dahulu memilih teks atau tulisan pada jendela monitor yang akan di atur perataannya. Dalam contoh kali ini kita menggunakan rata tengah pada teks pembuka video, perhatikan perubahan spasi yang terjadi.

Selamat mencoba :)


11:44 Share:
About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

Dapatkan Update terbaru dari Blog ini
Complete the form below, and we'll send you the best coupons.

Deliver via FeedBurner
back to top