Logo Tridharma

Logo Tridharma
Blog Pendidikan. Diberdayakan oleh Blogger.

BLENDER 3D # DESAIN KARAKTER ANDROID

Posted by Endang  |  No comments

Google Android saat ini merupakan sistem operasi (operating system) yang paling banyak digunakan dan paling terkenal di dunia. Selama beberapa tahun terakhir ini, Android telah mengubah perilaku penggunaan smartphone dan mengklaim menjadi sistem operasi paling populer di dunia (berdasarkan pangsa pasar). Untuk itu pemilihan logo harus sesuai dengan representasi makna yang terkandung di dalamnya. Hingga akhirnya menggunakan sebuah logo berbentuk robot dengan badan yang kekar serta kepala yang mirip dengan mangkuk yang dibalik. Pada tutorial kali ini mari berkarya untuk membuat robot hijau tersebut.


Membuat Bagian Kepala Android

Þ      Tambahkan objek (Shift A) UV Spehere
Þ      Ubah ke edit mode | tekan A untuk Deselect
Þ      Klik Select : Face select
Þ      Pilih salah satu permukaan seperti gambar

Þ      Blok/Un blok  dengan Alt Shift Klik kanan atau blok dengan tekan B lalu Klik kiri

Þ      Delete | Vertices
Þ      Klik Select : Vertex select
Þ      Pilih salah satu garis seperti gambar

Þ      Blok/Un blok  dengan Alt Shift Klik kanan
Þ      Delete | Vertices

Membuat Bagian Badan Android

Þ      Seleksi salah satu garis yang bagian atas Alt Shift Klik kanan pada garis
Þ      Kemudian Scale tekan huruf S, atur dengan gerakan mousenya sesuaikan agar lebar sama dengan bagian atas (kepala). Eksekusi Klik kiri
Þ      Klik sumbu Z tarik keatas

Þ      Seleksi salah satu garis yang bagian bawah Alt Shift Klik kanan pada garis
Þ      Kemudian Scale tekan huruf S, atur dengan gerakan mousenya sesuaikan agar lebar sama dengan bagian atasnya. Eksekusi Klik kiri
Þ      Klik sumbu Z tarik kebawah .Eksekusi Klik kiri

Membuat Bagian Tangan Android

Þ      Klik tab untuk kembali ke Object mode
Þ      Tambahkan Objek UV Sphere
Þ      Pilih seleksi : Face select
Þ      Blok Tekan B kemudian Klik kiri , Blok untuk setengah lingkaran

Þ      Setelah di blok tekan Tab kembali ke Object mode
Þ      Letakkan Objek ke posisi untuk tangan disamping badan
Þ      Tekan Scale , sesuaikan kira-kira untuk ukuran tangan
Þ      Tekan Tab untuk ke Edit mode, kemudian Scale terhadap sumbu Z dengan Klik kiri dorong manipulator kebawah
Þ      Lepaskan seleksi dengan tekan A, pindahkan ke bawah atur posisi dengan Klik kiri teka pada manipulator sesuai sumbu X,Y,Z lihat posisi dari atas (tekan 7) atau depan (Tekan 1)

Membuat Bagian Kaki Android

Þ      Duplikat dari objek tangan
Cara : Klik kanan salah satu tangan, tekan Shift D , akhiri Klik kiri

Membuat Bagian Antena Android

Þ      Duplikat dari objek tangan
Cara : Klik kanan salah satu tangan, tekan Shift D , akhiri Klik kiri
Þ      Scala dengan tekan S, atur agar ukuran sesuai untuk antena
Þ      Lakukan Rotasi dengan tekan R, kemudian ketik 20 untuk derajat kemiringan, Enter
Þ      Berikan texture warna pada masing-masing bagian.
Þ      Setelah selesai semua, pada jendela sebelah kiri Klik Smooth, agar permukaan lebih halus
Þ      Untuk menggabungkan semua bagia (kepala, badan, tangan, kaki dll)
       Cara : Lakuklan multiple seleksi, Shift Klik kanan semua bagiannya. Kemudian pada jendela sebelah kiri Klik Join
Þ      Untuk menghasilkan gambar dapat di render image

Jangan lupa simpan dengan nama project : karakter android


Selamat Berkarya J



11:06 Share:
About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

Dapatkan Update terbaru dari Blog ini
Complete the form below, and we'll send you the best coupons.

Deliver via FeedBurner
back to top