Logo Tridharma

Logo Tridharma
Blog Pendidikan. Diberdayakan oleh Blogger.

BLENDER 3D # DESAIN KARAKTER BONEKA

Posted by Endang  |  No comments

Pada tutorial kali ini, Anda akan membuat sebuah bentuk karakter Boneka yang terdiri dari bentuk dasar Objek yang ada pada Blender antara lain Bola(UV Spehere), Kubus(Cubes), Kerucut(Cone) dan Silinder(Cylinder). Kemudian karakter tersebut akan diberikan warna (material).




Membuat Bagian Kepala Boneka

v  Tambahkan (Shift A) objek UV Spehere
v  Kemudian skala dengan tekan S sesuai ukuran yang dibutuhkan
v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang1 (front) , 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan

Membuat Bagian Badan Boneka

v  Tambahkan (Shift A) objek Cubes
v  Kemudian skala dengan tekan S sesuai ukuran yang dibutuhkan
v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang1 (front) , 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan
v  Atur hingga posisi front seperti gambar.

v  Atur hingga posisi top seperti gambar :
Membuat Bagian Mata  Boneka

v  Tambahkan (Shift A) objek UV Spehere
v  Kemudian skala dengan tekan S sesuai ukuran yang dibutuhkan
v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang1 (front) , 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan
v  Untuk membuat dua buah mata, copy objek tersebut dengan shift+D, kemudian geser sejajar sumbu X dengan cara G X
v  Atur hingga posisi front seperti gambar :

Membuat Bagian Topi  Boneka

v  Tambahkan (Shift A) objek Cone
v  Kemudian skala dengan tekan S sesuai ukuran yang dibutuhkan
v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang1 (front) , 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan

Membuat Bagian Hidung  Boneka

v  Copy-kan dari objek topi , shift+D
v  Kemudian skala menjadi ukuran lebih kecil
v  Lakukan Rotasi sesuai sumbu X, dengan tekan R X kemudian ketik 45 0 atau sesuai kebutuhan kemiringan yang diperlukan.
v  Dapat pula anda menggunakan rotate manipulator mode

v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan
v  Atur hingga posisi front seperti gambar :

 
v  Atur hingga posisi right seperti gambar :

Membuat Bagian Tangan  Boneka

v  Tambahkan (Shift A) objek Cylinder
v  Lakukan skala terhadap sumbu Z, dengan menekan tombol S Z sesuai ukuran yang dibutuhkan
v  Lakukan Extrude untuk menambahkan bagian ujung tangan, cara :
Þ           Pindah ke mode Edit dengan tekan tab
Þ           Klik Face select, tekan 7 untuk melihat dari atas
Þ           Tekan A untuk melepas seleksi
Þ           Lakukan seleksi pada permukaan atas saja, dengan tekan B untuk seleksi.
Þ           Tekan 1 untuk melihat dari depan.
Þ           Lakukan Ekstrude terhadap sumbu Z, dengan tekan E Z gerakkan mouse keatas hingga ukuran yang diperlukan. Klik kiri untuk eksekusi
Þ           Sehingga tampilan seperti pada gambar :

 Þ           Tekan A untuk melepas semua seleksi
v  Lanjutkan dengan skala terhadap ujung tangan untuk memperkecil ukuran dengan cara:
Þ           Pilih Vertex select
Þ           Tekan 1 untuk melihat dari atas dan memastikan semua bagian akan terseleksi dengan baik
Þ           Tekan B, untuk memulai seleksi bagian yang telah di extrude saja, tampilan seleksi.

 Þ           Tekan S untuk melakukan skala kedalam, sehingga ujung tangan akan mengecil
Þ           Tampilan seperti pada gambar:
        
v  Kembali ke objek mode, tekan tab, hasilnya akan seperti gambar :


v  Lakukan Rotasi sesuai sumbu Y, dengan tekan R Y kemudian ketik 120 0 atau sesuai kebutuhan kemiringan yang diperlukan.
v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan
v  Atur hingga posisi right seperti gambar :


v  Copy kan untuk membuat tangan yang satunya shift D
v  Pindahkan sejajar sumbu X dengan  G X
v  Lakukan Rotasi sesuai sumbu Y, dengan tekan R Y kemudian ketik 120 0 atau sesuai kebutuhan kemiringan yang diperlukan.
v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan
v  Atur hingga posisi top seperti gambar :


v  Atur hingga posisi front seperti gambar :


Membuat Bagian Kaki  Boneka

v  Tambahkan (Shift A) objek Cylinder
v  Lakukan skala terhadap sumbu Z, dengan menekan tombol S Z sesuai ukuran yang dibutuhkan
v  Tempatkan pada posisi yang diinginkan
v  Pastikan posisi sesuai, anda dapat melihat lihat dari sudut pandang 7 (top) , 3(right) dan sudut pandang yg lain sesuai kebutuhan
v  Copy kan untuk membuat kaki yang satunya shift D
v  Pindahkan sejajar sumbu X dengan  G X
v  Atur hingga posisi front seperti gambar :


v  Simpan Project dengan nama : boneka

Memberi Material (Warna) Karakter Boneka

Untuk memberikan warna terhadap objek dapat dilakukan dengan melalui jendela Material

v  Buka kembali project Boneka yang telah dibuat sebelumnya.
v  Aktifkan Object mode,
v  Klik propertis Material (jendela sebelah kanan)
v  Klik tanda + (Add new material)
v  Klik New
v  Klik Difuse : pilih warna yang diinginkan
v  Lakukan beberapa kali untuk menambahkan material warna yang di kehendaki pada objek, sesuai dengan kreasi anda
v  Setelah selesai, satukan semua bagian objek agar menjadi satu dengan cara :
Þ       Lakukan multiple selection dengan Klik kanan + shift
Þ       Pada bagian Object | Klik Join
Þ       Objek yang telah di join, ketika dipindahkan maka semuanya akan tetap menyatu semua bagiannya.
v  Agar tampilan objek Boneka lebih halus permukannya
Þ       Aktifkan objek Boneka
Þ       Pada bagian Shading | Klik Smooth



v  Hasil akhir projek Boneka seperti pada gambar :


v  Setelah di tambahkan pemberian efek World (akan tampak pada saat Render):
Þ       Klik pada paper sky
Þ       Pilih warna yang dikehendaki sebagai latar belakang
v  Lakukan Render, akan tampak seperti gambar (boneka-warna.png) :



Selamat Berkarya J

15:30 Share:
About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

Dapatkan Update terbaru dari Blog ini
Complete the form below, and we'll send you the best coupons.

Deliver via FeedBurner
back to top