Abstrak
AMIK
BSI Purwokerto merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Purwokerto yang terus berkemban, sebagai PTS AMIK BSI Purwokerto diwajibkan melaporkan hasil kegiatan belajar mengajar setiap akhir semester ke Kopertis wilayah VI semarang dalam bentuk laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED). Proses penyusunan laporan
EPSBED merupakan kegiatan yang melibatkan antar karyawan atau bagian terkait. Penelitian
ini membahas tentang penerapan Knowledge Management (KM) untuk proses laporan EPSBED pada AMIK BSI Purwokerto. Tujuan penerapan KM ini adalah sarana menampung
dan menyebarkan knowledge karyawan, karena dalam penyusunan EPSBED dibutuhkan suatu knowledge guna menjaga konsistensi kualitas laporan sebagai evaluasi PTS dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional, sebagai
bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan perguruan tinggi kepada pihak yang berkepentingan yaitu
civitas akademika dan masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan
kerangka kerja Amrit Tiwana, untuk memperoleh analisis proses KM dalam EPSBED digunakan
faktor kontigensi dengan mengadakan Focus
Group Discussion (FGD). Hasil dari penelitian adalah model KM yang sesuai untuk proses pelaporan EPSBED untuk mendukung penyebaran knowledge
serta budaya kerjasama antar bagian yang terkait dalam proses pelaporan. Dalam KM menggabungkan tacit knowledge dan explicit knowledge antar karyawan , sehingga dapat dimanfaatkan untuk
peningkatan kinerja PTS dalam pelaporan EPSBED.
Kata kunci: EPSBED, Focus Group Discussion, Knowledge, Knowledge
Management
Untuk teman-teman yang mencari makalah bertema knowledge management system maupun FGD silahkan download selengkapnya :
- SNST4 unwahas jun 2013-proceding cover
Tulisan telah dipublikasikan pada Seminar Nasional Sains dan
Teknologi (SNST4) 19 Juni 2013 Universitas Wahid Hasyim, Semarang
Prosiding Volume 1, No.1(2013) ISBN 978-602-99334-2-0
(Halaman 152-158)
15:29
Share:
About
0 komentar: