Logo Tridharma

Logo Tridharma
Blog Pendidikan. Diberdayakan oleh Blogger.

PENGABDIAN MASYARAKAT DI BALAI DESA PEPEDAN KABUPATEN TEGAL

Posted by Endang  |  No comments

Sebagai bentuk pengabdian BSI Tegal kepada masyarakat, setelah minggu kemarin mengadakan pelatihan di Kota Tegal tepatnya di Kelurahan Kalinyamat Kulon. Kali ini LPPM AMIK BSI Tegal mengadakan pelatihan di Kabupaten Tegal bekerja sama dengan pihak Balai Desa Pepedan, ini merupakan kali pertama BSI mengadakan pelatihan di Balai Desa Pepedan.
Pesertanya sendiri sebagian dari staff dan yang sebagian lagi dari masyarakat sekitar Balai Desa Pepedan, pelatihan Ms. Office berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Pepedan.
Pelatihan berlangsung selama 6 hari di mulai pada tanggal 23-28 November 2015 dan acara dimulai setiap harinya pada pukul 14.00-16.30 WIB.
Pada hari pertama dan ke-dua pelatihan Ms. Office diisi oleh Ibu Ratna Kurnia Sari, S.Kom, M.M sebagai tutor, dibuka dengan memperkenalkan AMIK BSI Tegal, lalu dilanjutkan dengan materi pengenalan awal microsoft word setelah itu dilanjutkan dengan praktek. Tutor mengajarkan bagaimana langkah-langkah untuk  menggunakan microsoft word pada saat awal sebelum mengetik. Setelah itu tutor mengajarkan bagaimana cara untuk mengubah teks gaya, font, ukuran, warna,menyisipkan bullets dan numbering, mengatur line spacing, dan mengatur halaman di page layout.
Pada hari ke-tiga dan ke-empat pelatihan berlanjut diisi oleh Ibu Endang Retnoningsih,M.Kom sebagai tutor. Tutor memberi instruksi agar peserta mengetikan latihan yang sudah ada di modul lalu setelah selesai mengetikan latihan tersebut tutor mengajarkan bagaimana cara membuat surat yang baik dan benar yang tak lepas dari aturan-aturan yang biasanya digunakan untuk membuat surat seperti pengaturan font, ukuran, perataan, jarak spasi dan margin.
Pada hari ke-lima dan ke-enam pelatihan berlanjut dan diisi oleh Bapak Andrian Eko Widodo, S.Kom dan Bapak Husni Faqih, S.Kom sebagai tutor. Tutor pertama yaitu Bapak Andrian Eko Widodo, S.Kom kembali mengajarkan bagaimana cara membuat surat yang baik dan benar yang tak lepas dari aturan-aturan yang biasanya digunakan untuk membuat surat. Beda dengan pertemuan sebelumnya, tutor pada pertemuan ketiga ini mengajarkan membuat surat dengan menambahkan corp surat, biasanya surat yang diatasnya terdapat corp surat merupakan surat resmi seperti yang digunakan di instansi pemerintahan atau di sekolah-sekolah untuk mengetahui identitas si pengirim surat tersebut.  Setelah semua peserta sudah bisa membuat surat dengan menambahkan corp surat, tutor melanjutkan materi yaitu tentang microsoft excel yang akan digunakan sebagai database untuk menambahkan data yang nantinya akan digunakan sebagai data si penerima surat. Tutor kedua yaitu Bapak Husni Faqih, S.Kom mengajarkan bagaimana cara mengetikan data di microsoft excel yang akan digunakan sebagai database si penerima surat nantinya. Selanjutnya setelah database sudah selesai dibuat, tutor mengajarkan langkah-langkah untuk me-link dari database microsoft excel untuk ditambahkan sebagai data penerima surat di dokumen surat yang tadi sudah dibuat.  Setelah surat sudah di link menggunakan database excel tersebut selesai, tutor mengajarkan bagaimana langkah-langkah untuk mencetak atau print surat tersebut dan langsung mempraktekan cetak surat secara langsung menggunakan printer.
Dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan terjalin kerjasama yang lebih baik lagi antara pihak AMIK BSI TEGAL dengan pihak Balai Desa Pepedan. Serta apa yang sudah diberikan mengenai materi Microsoft Office dapat bermanfaat bagi peserta dan dapat menunjang dalam pekerjaan sehari-hari.
Salam Sukses TIM LPPM Tegal (Riski/RFR) 

15:28 Share:
About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

Dapatkan Update terbaru dari Blog ini
Complete the form below, and we'll send you the best coupons.

Deliver via FeedBurner
back to top